Wednesday, June 24, 2009

Membuat Forum Di Joomla Dengan Agora

Website yang interaktif dan dinamis adalah web yang dapat berinteraksi antara anggota (member) maupun admin secara lansung. Interaksi tersebut dapat diwujudkan dengan adanya forum, media ini merupakan salah satu saja dari bagian media lainnya.

Saya akan memberi informasi sedikit bagaimana cara membuat forum pada website joomla.
Kali ini saya menggunakan component agora forum untuk membuatnya. Sebenarnya masih banyak component lain untuk membuat forum seperti (fireboard, smf simple, ccboard dll). Component agora bisa anda download di www.joomla.org.

Jika sudah di download, masuk ke halaman website admin Anda atau biasa disebut halaman backend. Install component agora forum pada website, caranya pilih menu extensions -> install/uninstall. Browse file component lalu upload. Jika install sukses, lihat di menu components dan pilih agora forum untuk mengatur tampilan forum anda.

Pada agora forum pilih menu forums , langkah pertama, buat kategori topic forum (add category) lalu buat judul forum (add forum). Component ini bisa di integrasi dengan community builder.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Tunggu artikel berikutnya!
Kalau ada saran silahkan post di kolom komentar, mungkin ada kesulitan yang lain?


Untuk mendownload component Agora, bisa anda download disini.


7 comments:

  1. thanks a lot yah peh,,
    ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan PI..

    di tunggu tips n trik yang lainnya..

    sukses terus yah.. :)

    ReplyDelete
  2. peh minta yg buat download dun yg remository !!!!!!! segera iak

    ReplyDelete
  3. peh w bs d install agoranya .. mhn bimbingannya lebih peh :)

    ReplyDelete
  4. wah masih ngambang sayanya gan, tak bookmark aja dulu gan, lain waktu saya baca-baca lagi, sebelumnya makasih banyak atas ulasannya n salam kenal

    ReplyDelete
  5. Artikelnya cukup menarik sekalian nih nawarin produk Furniture Jepara jual mebel jati jepara di toko furniture online

    ReplyDelete